Selasa, 21 September 2010

SENTRA LEBAH MADU, IKON BARU PEMBERDAYAAN DI MALLAWA

Kegiatan pemberdayaan di Kec. Mallawa saat ini sungguh luar biasa. Setelah hadirnya PNPM yakni Mandiri Perdesaan dan Lingkungan Mandiri Perdesaan di Kecamatan yang dikenal dengan SDA yang sangat luar biasa, berbagai perubahan yang signifikan terjadi. Perubahan tersebut bukan hanya dengan pembangunan infrastruktur yang perencanaannya di dukung oleh sistem partisfatory tetapi kegiatan yang menyangkut skill adalah bagian tak terpisahkan yang selama ini mewarnai pembangunan di Mallawa.
Kegiatan skill yang merupakan bagian perbedayaan yang selama ini telah mewarnai dan nampak di masyarakat adalah salah satunya adalah pemanfaatan limbah kotoran sapi menjadi BIOGAS di Kelurahan Sabila, dan bulan ini kembali akan digelar pelatihan pembibitan dan budidaya lebah madu.
Dalam rangkaian pemberdayaan dan peningkatan skill tersebut, oleh PNPM LMP pada tanggal 24-25 September 2010 kembali akan digelar Pelatihan Budidaya Lebah Madu di salah satu Desa di Mallawa yakni Wanua Waru yang selama ini memang sangat mendukung mengingat alam yang ada memang telah memberikan kontribusi lebah madu hutan yang cukup besar, namun pengelolaan yang ada belum mempunyai keterampilan khusus. Hadirnya pelatihan tersebut diharapkan Desa ini akan menjadi ikon baru dalam sentra lebah madu ke depan sehingga secara berangsur tingkat kesejahteraan masyarakat akan semakin bagus.
Mustang Ketua TPK yang merupakan pelaksana kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari yang menghadirkan pemateri dari UNHAS " segala persiapan telah kami siapkan dan kami berharap agar masyarakat dapat mengikuti kegiatan ini secara maksimal, apalagi kami melaksanakannya secara gratis untuk kepentingan masyarakat " Ujarnya yang saat ini juga menjabat sekdes di Wanua waru >>>editor<<<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar